Rabu, 13 November 2013

New Media (Definisi, Manfaat, Komponen, dan Pengembangannya)



  1. Definisi New Media
  2. Dalam arti sederhana New Media berarti Media Baru, artinya media yang menggantikan media lama yang biasanya digunakan dahulu. Contoh kecilnya seperti koran. Koran dalam New Media sudah menjadi website berita seperti detik.com yang sudah tidak membutuhkan media kertas lagi. New Media merupakan istilah yang umum digunakan untuk banyak alat komunikasi elektrik yang diwujudkan dengan penggunaan teknologi komputer. Maksudnya adalah berhubungan dengan bentuk media lama, seperti koran, dan majalah, yang selalu dipresentasikan dalam bentuk text dan gambar. New media adalah akses on-demand untuk konten kapan saja, di mana saja, pada setiap perangkat digital, serta masukan dari pengguna interaktif, partisipasi kreatif. Aspek lain dari media baru adalah generasi real-time baru, konten tidak diatur.[1] New Media berkaitan dengan masalah hal-hal yang baru.

  3. Manfaat New Media[2]
    1. Sebagai penyedia sumber informasi.
    2. Contoh pengedia sumber informasi adalah detik.com, okezone.com, kaskus.co.id, dll.
    3. Sebagai Media transaksi jual beli
    4. Contoh peyedia transaksi jual beli adalah fjb.kaskus.co.id, berniaga.com, tokobagus.com, amazon.com.
    5. Sebagai media hiburan contohnya game online, jejaring social, streaming video, dll.
    6. Contoh: youtube.com, twitter.com, facebook.com.
    7. Sebagai media komunikasi yang efisien. Kita dapat berkomunikasi dengan orang yang berada jauh sekalipun, bahkan bertatap muka dengan video conference.
    8. Contoh: SMS, Whatsapp, Yahoo! Messenger, Blackberry Messenger.
    9. Sarana pendidikan dengan adanya buku digital yang mudah dan praktis
    10. Contoh: ilmukomputer.com, wikipedia.org


  4. Komponen New Media[3]
  5. Pada new media ada beberapa komponen seperti Pembuat,penyalur dan pemakai
    • Pembuat
    • merupakan orang yang menciptakan wadah atau sarana new media itu sendiri komponen ini berperan sebagai pencipta atau pembentuk new media.
    • Penyalur
    • adalah sebuah perantara yang menghantarkan sarana media atau bisa disebut media yang berfungsi mengahantarkan pemakai untuk memakai sarana itu sendiri.
    • Pemakai
    • adalah orang yang berperan sebagai konsumen sebuah sarana media atau new media yang berfungsi untuk memakai new media.>


  6. Proses & Tahapan Pengembangan New Media[4]
  7. Proses Pengembangan New Media
    1. Fase requirement (penelusuran kebutuhan)
    2. pada fase ini kita mencari tahu sebenarnya apa yang dibutuhkan, tujuan dari suatu proyek pengembangan aplikasi, dan seperti apa hasil yang diinginkan.
    3. Fase analisa
    4. pada tahapan ini berdasarkan hasil penelusuran kebutuhan maka kita akan memutuskan seperti apa aplikasi yang ingin dibuat, future apa saja yang diperlukan, masalah yang kemungkinan kita hadapi, apa saja yang kita perlukan dalam proses pengembangan,dsb.
    5. Fase perancangan
    6. pada tahapan ini kita akan membuat rencana atau rancangan mengenai aplikasi yang akan dibuat berdasarkan hasil analisa sebelumnya.
    7. Fase pengembangan
    8. tahapan implementasi hasil dari analisa dan perancangan. Pada tahap ini kita akan menulis kode program sesuai yang telah direncanakan sebelumnya pada fase perancangan. Pada tahapan ini juga dilakukan pengujian terhadap suatu fungsi apakah telah berjalan sesuai yang diinginkan.
    9. Fase installasi
    10. setelah memastikan bahwa semua fungsi telah berjalan baik dan telah memenuhi kriteria yang diinginkan pada fase requirement maka aplikasi akan di-setup pada server atau komputer yang akan digunakan untuk menjalankan aplikasi ini.

    Tahapan Pengembangan New Media
    1. Konsepsi
    2. Pada tahap ini, gambaran mengenai aplikasi yang akan dibuat dibentuk. Gambaran harus dapat menjelaskan poin-poin inti dari aplikasi yang akan dibuat secara umum.
    3. Analisa
    4. Pada tahap ini konsep yang dibuat dianalisa secara pemrograman untuk mengetahui apa saja yang dibutuhkan untuk mengembangkan konsep menjadi suatu aplikasi serta alur proses pada aplikasi secara jelas.
    5. Simulasi
    6. Pada tahap ini disimulasikan proses-proses yang akan terjadi pada aplikasi yang akan dibuat. Proses-proses yang disimulasikan melingkupi :
      • Alur suatu proses dalam berbagai macam kondisi.
      • Keluaran yang diharapkan dari setiap proses.
      • Eror-eror yang mungkin terjadi.
      • Proses-proses yang bersifat kritis dan sensitif.
    7. Algoritma
    8. Pada tahap ini dibuat algoritma pemrograman yang dapat menerangkan proses-proses secara programatik. Algoritma yang dibuat harus sejalan dengan simulasi yang telah dilakukan.
    9. Konstruksi
    10. Pada tahap ini seluruh algoritma yang dibuat diimplementasikan pada level pemrograman.Di sini dibuat produk dari konsep yang dibuat sebelumnya.
    11. Evaluasi
    12. Pada tahap ini dicek secara keseluruhan aplikasi yang telah dibuat. Program harus berjalan sesuai dengan yang telah dicanangkan. Apabila ada kesalahan maka harus dicari tahu di bagian mana kesalahan tersebut terjadi dan ulangi kembali pengembangan aplikasi dari tahap tersebut.


  8. Aplikasi New Media
    1. Facebook
    2. Facebook merupakan aplikasi social media yang didirikan oleh Mark Zuckerberg. Selain sebagai media social media, Facebook juga dapat digunakan untuk mencari ilmu dengan cara saling berbagi pengetahuan pada grup-grup yang ada di Facebook. Selain Grup, terdapat juga aplikasi Games. Game yang ada di Facebook umumnya berbasih Flash.
    3. Kaskus
    4. Kaskus merupakan website Komunitas Terbesar di Indonesia. Selain sebagai media mencari pengetahuan, di KasKus juga terdapat fasilitas Private Message untuk saling berkirim pesan sesama pengguna KasKuser (sebutan untuk pengguna KasKus). Selain itu, terdapat fasilitas FJB (Forum Jual Beli). FJB bisa digunakan KasKuser untuk menjual barang/jasa ke sesama KasKuser secara Online.
    5. Detik
    6. Detik menrupakan website penyedia berita yang sudah lumayan lama berdiri di Indonesia. Detik merubah Media lama dalam membaca berita yang dahulu hanya bisa dilakukan di Media kertas (koran/majalah).,
    7. Perceptual Computing
    8. Perceptual Computing merupakan teknologi terbaru dari Intel yang memungkinkan Komputer seperti mempunyai indra yang ada pada manusia.



Referensi
[1] Wikipedia, New Media, diakses pada November 2013, http://en.wikipedia.org/wiki/New_media
[2] Jhens World, Konsep Dasar New Media, diakses pada November 2013, http://jhens-fernando.blogspot.com/2012/10/konsep-dasar-new-media.html
[3] Niamora, Definisi New Media Beserta Manfaat dan Aplikasinya, diakses pada November 2013, http://niamoraa.wordpress.com/2013/10/05/definisi-new-media-beserta-manfaat-dan-aplikasinya
[4] Berkreasi di Atas Ambang Asa, Konsep Desain New Media dan Konsep Proses dan Tahapan Pengembangan Aplikasi New Media, diakses pada November 2013, http://inibukan-blog.blogspot.com/2012/01/konsep-desain-new-media-dan-konsep.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar